Sabtu, 13 Februari 2016

Laporan Prakerin SMKN1 KALINYAMATAN CV BUBBLE DIGITAL PRINTING



LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
PADA CV BUBBLE DIGITAL PRINTING
MENGOPERASIKAN DIGITAL PRINTING








Diajukan kepada salah satu syarat untuk menempuh US / UN

Nama Siswa                            :  TRI KUSUMA W.
NIS                                         :  674
Kompetensi Keahlian              : Produksi Grafika
Kelas                                       : XI PG 1


PEMERINTAH KABUPATEN JEPARA
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS
SMK NEGERI 1 KALINYAMATAN JEPARA
Jl. Purwogondo, Batukali KM. 4 Sendang, Kalinyamatan, Jepara
59462. Telp. (0291) 3306999



LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
PADA CV. BUBBLE DIGITAL PRINTING
20 JANUARI/19 APRIL 2014

Telah sah dan disetujui
Pada Tanggal :……………………………

                                                                  Mengetahui

Pembimbing Sekolah                                                               Pembimbing Industri/Instansi


   Ahmad Khanafi, S.Sn                                                                          Fredy Yulianto
NIP. 19810530200921002
                                               



        Ketua Kompetensi Keahlian
       Produsi Grafika


         Nur Adin Syahadad, S.Pd




i
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa , karena atas campur tangan-NYA Sehingga penyusunan laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini dapat terselesaikan dengan baik. Dan laporan ini sebagai bukti untuk memenuhi bahwa penulis telah melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)dengan baik.
Penyusunan laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini adalah salah satu syarat untuk memenuhi Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan laporan ini sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktek Kerja Industri di  CV. BUBBLE DIGITAL PRINTING
              Oleh karena itu , dalam kesempatan ini penulisan ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
·         Kedua orang tuaku yang tercinta yang dengan kesabaran serta do’anya dapat memberikan semangat kepada penulis sehingga dapat terselesaikan laporan ini dan kepada mereka penulis persembahkan laporan ini.

·         Bapak. Drs. Aris Hidayanto,M.Si. Selaku Kepala Sekolah SMK Negari 1 Kalinyamatan.

·         Bapak Nur Adin Syahadad, S.Pd, Selaku Ketua Jurusan PRODUKSI GRAFIKA SMK Negari 1 Kalinyamatan , Terima kasih atas segala perhatiannya bersedia memberikan bimbingan dan meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukannya serta segala kesabarannya menghadapi kekurangan atau salah-salah kata.

·         Bapak Fredy Yulianto, Selaku Pembimbing Perusahaan  , yang telah dengan sabar dan meluangkan waktunya untuk membimbing penulis selama melakukan (PRAKERIN) di CV. BUBBLE DIGITAL PRINTING

·         Bapak Ahmad Khanafi, S.Sn, Selaku Pembimbing Sekolah SMK Negari 1 Kalinyamatan, terima kasih atas kebaikan hatinya bersedia memberikan bimbingan dan meluangkan waktunya serta segala kesabarannya dalam menghadapi kekurangan kami.

·         Seluruh dewan guru beserta staf SMK Negari 1 Kalinyamatan yang turut memberikan semangat dan do’a bagi penulis, sehingga laporan ini dapat terselesaikan dengan baik.



ii
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN .....…………......................................................i
KATA PENGANTAR ...................................................................................ii
DAFTAR ISI..................................................................................................iii
BAB I        PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang........................................................................................................1
1.2. Dasar Penulisan Laporan.........................................................................................2
1.3. Maksud dan Tujuan.................................................................................................3
BAB II      GAMBARAN UMUM DEPARTEMEN
2.1 Sejarah Perusahaan.............................................................................................4
2.2 Lokasi Perusahaan..............................................................................................4
2.3 Waktu dan tempat pelaksanaan..........................................................................4
2.4 Struktur Organisasi Departement……...............................................................5
BAB III     LAPORAN KEGIATAN
3.1 Deskripsi Kegiatan Prakerin................................................................................6
3.2 Kegiatan Yang Dilaksanakan..............................................................................6
3.3 Hasil Kegiatan.....................................................................................................6
3.4 Memperbaiki Periferal.........................................................................................7
BAB IV     PENUTUP
              4.1 Kesimpulan.........................................................................................................8
              4.2 Saran...................................................................................................................9
              4.3 Penutup..............................................................................................................10
              4.4 Visi-Misi Perusahaan.........................................................................................11
LAMPIRAN.......................................................................................................


   BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
                Sejalan dengan kebijakan Departemen Pendidikan Nasional yang menetapkan konsep “Link and Match” melalui Pendidikan Sistem Ganda bahwa salah satu pembelajaran atau kegiatan belajar siswa harus dilaksanakan di Dunia Usaha dan Dunia Idustri untuk Sekolah Menengah Kejuruan pada umumnya, salah satunya termasuk SMK Negari 1 Kalinyamatan, Kota Jepara melaksanakan Praktek Industri (PI).
              Pendidikan Sistem Ganda (PSG) merupakan “Program perpaduan saling mengisi dan melengkapi antara pendidikan di “Sekolah” dan “Keahlian profesi” yang di peroleh melalui “pengalaman kerja” di Dunia Usaha dan Dunia Industri.
               Tujuan Program bersama antara Sekolah Menengah Kejuruan, khususnya SMK Negari 1 Kalinyamatan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri adalah untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi siswa serta melatih diri agar berkreatif kerja yang, meliputi kemampuan kerja, memiliki motivasi kerja, berinisiatif, kreativitas, berdedikasi tinggi dan prestasi hasil kerja yang berkualitas.
              Melalui PI ini, penulis dapat memperoleh pengalaman kerja di dunia industri sesuai dengan kompetensi keahlian yang lebih diarahkan pada “soft and life skill”.Selain itu, siswa dapat pula meningkatkan kompetensi dalam hal penampilan diri / kepribadian, semangat motivasi dan motivasi kerja, serta kemapuan professional.





1
1.2 DASAR PENULISAN
                   
 Ada beberapa ketentuan yang tertuang dalam UU No. 2 Tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional, PP No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah Kejuruan, PP No. 39 Tahun 1992 Serta Masyarakat dalam Pendidikan Nasional.
                    Adapun isi dari UU tersebut, antara lain:
1.       Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur. Jalur Pendidikan Sekolah dan jalur Pendidian di luar Sekolah ( UU SPN,Bab IV, pasal 10 ayat 1 ).
2.       Penyelenggaran sekolah menegah dapat bekerja sama dengan masyaraat terutama dunia usaha dan para dermawan, untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang kesejahteraan.Penyelenggaraan dan mengembangkan pendidikan. ( PP 29, Bab XI, Pasal 29 ayat 1 ).
3.       Pengaduan dan pendayagunaan Sumber Daya Pendidikan yang dilakukan (Bab VII,Pasal 33).
4.       Masyarakat sebagai mitra pemerintah berkesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan Pendidikan Nasional ( UU SPN,Bab XIII,Pasal 47 ayat 1 ).
5.       Peran serta masyarakat dapat berbentuk pemberian kesempatan untuk dan atau pelatihan kerja ( PP No.39,Bab III,Pasal 4 butir 1 ).
6.       Pemerintah dan masyarakat menciptakan peluang yang lebih besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam Sistem Pendidikan Nasional ( PP No.39,Bab VI , Pasal 8 ayat 2 ).
7.       Pada Sekolah Menengah Kejuruan dapat dilakukan ujicoba gagasan baru yang diperlukan dalam rangka pembangunan pendidikan menengah kejuruan ( PP No.29,Bab XIII, Pasal 32 ayat 2).
8.       Peran serta masyarakat dapat mengalihkan forum konsultasi Kerja Sama dan Koordinasi. ( PP No.39,Bab VI, Pasal 10).







2

1.3 MAKSUD DAN TUJUAN

            Berdasarkan jumlah kegiatan PI dan pengumpulan data-data yang dilakukan oleh penulis, maka maksud dan tujuan penulisan laporan praktek industri adalah:
1.       Untuk memenuhi salah satu syarat  menempuh Ujian Nasional Pada tahun diklat 2013-2014.
2.       Memperkenalkan kepada penulis mengenai lingkungan dunia kerja yang sebenarnya dan bersikap mandiri dalam menghadapi persoalan-persoalan dunia kerja.
3.       Mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat di sekolah ke dalam dunia industri yang sebenarnya dan melengkapi kompetensi produktif yang penulis miliki dari hasil pembelajaran klasikal serta menambah pengatahuan penulis mengenai pengelolaan administrasi penjualan kredit.
4.       Melatih penulis untuk mampu membangun relationship di dunia usaha atau industry.
5.       Melatih penulis untuk mampu menyusun hasil pelaksanaan PI dalam bentuk laporan yang memiliki nilai ilmiah.




3
BAB II
GAMBARAN UMUM CV. BUBBLE DIGITAL PRINTING
2.1 Sejarah Perusahaan
            CV. BUBBLE DIGITAL PRINTING adalah percetakan banner dan stiker di jalan.Gattot Subroto no.3 Kudus. Yang terletak tepat di belakang KFC Ramayana Kudus. BUBBLE DIGITAL PRINTING berdiri 6 tahun yang lalu sekitar 2008, pendiri pertama adalah FRAN INDRIANTO yang telah berjalan selama kurang lebih 3 tahun lalu, terjadi perpecahan antara pemilik gedung BUBBLE dengan Fran Indrianto. Setelah Fran Indrianto keluar dari BUBBLE, perusahaan ini diterusksn oleh LISA MEYLINDA. Karyawan banyak keluar dan pindah ke DEPOT DIGITAL PRINTING yang didirikan oleh oleh FRAN INDRIANTO. Tapi BUBBLE DIGITAL PRINTING tidak patah semangat untuk melanjutkan perusahaan itu dan banyak juga karyawan baru.

2.2 Lokasi Perusahaan
            Jalan Gattot Subroto no.3, belakang KFC Ramayana Kudus.


2.3 Waktu dan Tempat Perusahaan
            08.30 S/D 17.00 WIB di BUBBLE DIGITAL PRINTING










4
2.4 Struktur Organisasi
            Struktur organisasi merupakan kerangka atau gambar organisasi yang menunjukkan pekerjaan yang harus dikerjakan oleh tiap bagian atau anggota dari tiap organisasi yang bersangkutan dan yang menggambarkan kepada siapa mereka bertanggung jawab. Oleh karena itu struktur organisasi haruslah sedehana dan secara ekonomis menguntungkan.
            Suatu dasar yang berguna dalam menyusun suatu struktur organisasi perusahaan adalah pertimbangan bahwa organisasi itu harus fleksibel dalam arti memungkinkan adanya penyesuaian-penyesuaian tanpa harus melakukan perubahan total. Selain itu struktur organisasi yang di susun harus dapat menunjukkan garis-garis wewenang dan tanggung jawab yang jelas dari masing-masing fungsi.
            BUBBLE DIGITAL PRINTING memiliki struktur organisasi yang berbentuk “Organisasi Lini”. Bentuk organisasi ini memperlihatkan adanya hubungan wewenang secara vertical antara atasan dengan bawahan.


5
BAB III
LAPORAN KEGIATAN
3.1 Deskripsi Kesimpulan Praktek
Banyak kegiatan yang dilakukan selama PRAKERIN salah satu di antara yang saya lakukan selama PRAKERIN yaitu:
1.      DIGITAL PRINTING.Mesin ini digunakan untuk mencetak banner dan sticker
2.      PRESS KAOS.Mengepres gambar pada kaos.
3.      FINISHING. Melipat banner dan memotong stiker, blending, nering,masking.
4.      JILID SPIRAL. Menjilid  kertas menjadi satu dengan menggunakan kawat.
5.      DESAIN GRAFIS. Mendesain dalam Corel maupun Photoshop yang nantinya akan di cetak.
6.      LAMINASI. Mesin yang digunakan melaminasi/melindungi kertas,sticker dll          
7.  BRANDING. Menempelkan sticker ke media tertentu         
3.2 Hasil Kegiatan
      Selama saya melaksanakan (PRAKERIN) di CV BUBBLE DIGITAL PRINTING tepatnya di bagian cetak dan finishing. Banyak pelajaran berharga yang mungkin tidak saya dapatkan selama saya berada di sekolah. Disana saya belajar banyak tentang dunia kerja. Salah satunya tingkat Disiplin yang benar-benar harus dipatuhi atau ditaati selama saya berada di Perusahaan atau Departement.
      Selama saya belajar di dalam dunia bisnis atau perusahaan tidak sedikit hal yang saya pelajari diantaranya bisa membuat Cetak digital,Finising,Desain grafis,Pin, membuat Mugh, Sablon Digital, Laminasi dan Jilid Spiral. Dimana ada beberapa yang telah saya pelajari sebelumnya sewaktu saya di kelas X (sepuluh). Namun sekecil apapun ilmu yang kita pelajari itu semuanya akan berguna untuk kita sampai kapanpun. Itulah yang saya dapatkan selama saya melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di CV BUBBLE DIGITAL PRINTING tepatnya di Departement EDP.
      Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan melalui laporan kegiatan PRAKERIN selama saya berada di Perusahaan atau Departement selama kurang lebihnya 3 (tiga) bulan menjalani kegiatan Industri yang mungkin saya baru alami pertama kali. Banyak kenangan yang mungkin berkesan buat saya khususnya saat melakukan PRAKERIN di CV BUBBLE DIGITAL PRINTING tepatnya di Departement EDP. Dimana orang-orang khususnya atasan saya mau membimbing dengan penuh rasa sabar seperti mereka membimbing anak-anaknya sendiri.


6
Cara membuat Pin dan  Mugh
Langkah kerja :
Cara membuat Pin :
1.      Desain PIN terlebih dahulu (berbentuk lingkaran)
2.      Print (cetak) desain dengan printer
3.      Potong kertas yang sudah dicetak gambar (berbentuk lingkaran) menggunakan gunting atau circle cutter
4.      Lapisi dengan sticker laminasi yang juga telah dipotong berbentuk lingkaran
5.      Taruh bahan baku utama PIN (kaleng, plastik, peniti) ke alat press PIN
6.      Taruh kertas bergambar yang telah dilapisi laminasi ke alat press PIN
7.      Press PIN dengan alat press PIN
8.      Selesai…dan PIN siap dipakai…
Cara membuat Mug :
1.      Siapkan mug dan desain foto, kemudian foto ditempel menghadap mug dengan rapi dan tepat.
2.      Tempelkan desain mug pakai isolasi kertas supaya desain tidak bergeser dan gambar tidak miring.
3.      Buka Moulding mug lalu tarik secara perlahan.                                         
4.       Setelah terbuka, masukkan mug ke dalam moulding, kunci hingga  rapat.
5.       Atur timer hingga 240s, kemudian tekan tombol start, setelah alarm berbunyi matikan tekan tombol off.
6.       Buka kunci mesin press mug, angkat mug, tunggu sampai dingin, lalu lepaskan isolasi dan kertas.


Cara cetak digital di Mesin Infinity:
1.       Buatlah desain terlebih dahulu sesuai ukuran.
2.       Letakkan bahan di mesin.
3.       Letakkan file dalam program aplikasi photoprint lalu klik dan kirim ke digitalprinter.
4.       Tunggu beberapa saat untuk RIPaing dan printing.
5.       Jika selesai lalu masuk ke aplikasi digitalprinter.
6.       Klik RIP file.
7.       Lalu tentukan Margin dan klik file yang akan dicetak
8.       Dan klik print.
9.       Maka proses cetak dimulai.
10.   Jika tinta tidak stabil, klik pause dan cek tinta agar kembali stabil.
11.   Jika sudah selesai klik stop. Dan proses cetak akan berhenti.
Cara Cutting sticker di mesin Mimaki:
1.       Buat desain dalam corel draw( format line/curve).
2.       Lalu import ke aplikasi cutting.
3.       Sebelumnya atur Margin /bahan pada mesin cutting untuk ukuran yang akan di cutting.
4.       Lalu tekan tombol cutting.
5.       Dan mesin Mimaki akan mengcutting bahan tersebut sesuai pola yang dibuat.





7
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
        Sebagai kesimpulan laporan akhir berikut ini adalah :
Selama melakukan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) penulis menemukan jati diri selama berada dan berinteraksi dalam lingkungan masyarakat luas.
Berinteraksi atau mengeluti dunia usaha tidak sangat mudah, ada banyak hal yang perlu dilakukan, agar orang-orang yang melakukan hubungan kerja sama dapat terkesan akan apa yang kita lakukan atau kerjakan pada saat itu.



8
4.2 Saran

            Berikut adalah beberapa saran penulis untuk perusahaan/sekolah maupun untuk tiap-tiap jurusan yaitu:

            Perusahaan :
·         Tingkatkan motivasi kerja, disiplin waktu, dan proses kerja lebih ditingkatkan, melakukan yang terbaik dalam segala hal.
·         Kualitas yang baik atau bermutu akan mendatangkan banyak pelanggan/konsumen.
Sekolah :
·         Tingkatkan motivasi belajar, proses belajar lebih ditingkatkan, dan disiplin waktu
·         Menjadikan siswa-siswi SMK yang mempunyai kualitas dalam bekerja.
·         Melakukan yang terbaik dalam segala hal.


 
9
     
4.3 PENUTUP
            Keberhasilan pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) sangat ditentukan oleh kualitas kerja yang sama antara Sekolah dan Industri pasangan sebagai tim sensor / tim sertifikat Propinsi.Dengan dibuatnya laporan Prakerin ini dapat dijadikan acuan bagi lancarnya pelaksanaan Praktek Kerja Industri, terutama pada tahap awal kerja berkaitan dengan paket yang ada di dunia usaha / dunia industry.
Dengan terciptanya laporan Prakerin ini minimal diharapkan visi antara pihak Sekolah dengan dunia usaha sebagai industry pasangan.
            Penulis sebagai peserta Prakerin berharap mudah-mudahan hubungan kerja sama ini dapat terjalin dan berlanjut untuk masa yang akan datang, sebagai dengan hakekat Pendidikan Nasional dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia.
            Berbagai bentuk masukan yang bersifat konstruksi untuk penyempurnaan program Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) SMK Negari 1 Kalinyamatan adalah suatu Sekolah yang menciptakan sumberdaya manusia yang handal di pasar tenaga kerja,maka sarana dan informasi penting yang menyangkut mempersiapkan tenaga kerja sangat di harapkan.
            Apabila Siswa / Siswi SMK Negari 1 Kalinyamatan Selama melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKEIN) , mohon untuk dapat di bombing lebih lanjut / kami harap dan informasikan ke sekolah untuk proses lebih lanjut sebelum praktek berakhir, penulisan menyadari bahwa susunan laporan ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangannya oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik bisa membangun sempurnanya laporan ini.Penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua orang pada umunya.









10

4.4. VISI DAN MISI PERUSAHAAN

Ø  VISI : 

·         Meningkatkan kualitas kerja dan motivasi kerja
·         Meningkatkan kualitas prduksi.

Ø  MISI :      

·         Menjadi Perusahaan yang terbaik dari perusahaan yang lain dan menjadi nomor satu di bidang produksinya.


3 komentar: