LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
PADA CV BUBBLE DIGITAL PRINTING
MENGOPERASIKAN DIGITAL PRINTING
Diajukan kepada salah satu syarat untuk menempuh US / UN
Nama
Siswa : TRI KUSUMA W.
NIS : 674
Kompetensi Keahlian :
Produksi Grafika
Kelas : XI PG 1
PEMERINTAH KABUPATEN JEPARA
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS
SMK NEGERI 1 KALINYAMATAN JEPARA
Jl.
Purwogondo, Batukali KM. 4 Sendang, Kalinyamatan, Jepara
59462. Telp. (0291) 3306999
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN
KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
PADA CV.
BUBBLE DIGITAL PRINTING
20 JANUARI/19 APRIL 2014
Telah sah dan disetujui
Pada Tanggal :……………………………
Mengetahui
Pembimbing Sekolah
Pembimbing Industri/Instansi
Ahmad Khanafi, S.Sn Fredy Yulianto
NIP. 19810530200921002
Ketua
Kompetensi Keahlian
Produsi Grafika
Nur Adin Syahadad,
S.Pd
i
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan Yang
Maha Kuasa , karena atas campur tangan-NYA Sehingga penyusunan laporan Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) ini dapat terselesaikan dengan baik. Dan laporan ini
sebagai bukti untuk memenuhi bahwa penulis telah melaksanakan Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN)dengan baik.
Penyusunan laporan Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) ini adalah salah satu syarat untuk memenuhi Ujian
Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan laporan ini sebagai
bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktek Kerja Industri
di CV. BUBBLE DIGITAL PRINTING
Oleh karena itu , dalam
kesempatan ini penulisan ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
·
Kedua orang
tuaku yang tercinta yang dengan kesabaran serta do’anya dapat memberikan
semangat kepada penulis sehingga dapat terselesaikan laporan ini dan kepada
mereka penulis persembahkan laporan ini.
·
Bapak. Drs. Aris
Hidayanto,M.Si. Selaku Kepala Sekolah SMK Negari 1 Kalinyamatan.
·
Bapak Nur Adin
Syahadad, S.Pd, Selaku Ketua Jurusan PRODUKSI GRAFIKA SMK Negari 1 Kalinyamatan
, Terima kasih atas segala perhatiannya bersedia memberikan bimbingan dan
meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukannya serta segala kesabarannya menghadapi
kekurangan atau salah-salah kata.
·
Bapak Fredy
Yulianto, Selaku Pembimbing Perusahaan ,
yang telah dengan sabar dan meluangkan waktunya untuk membimbing penulis selama
melakukan (PRAKERIN) di CV. BUBBLE DIGITAL PRINTING
·
Bapak Ahmad
Khanafi, S.Sn, Selaku Pembimbing Sekolah SMK Negari 1 Kalinyamatan, terima
kasih atas kebaikan hatinya bersedia memberikan bimbingan dan meluangkan
waktunya serta segala kesabarannya dalam menghadapi kekurangan kami.
·
Seluruh dewan
guru beserta staf SMK Negari 1 Kalinyamatan yang turut memberikan semangat dan
do’a bagi penulis, sehingga laporan ini dapat terselesaikan dengan baik.
ii
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN .....…………......................................................i
KATA PENGANTAR ...................................................................................ii
DAFTAR
ISI..................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang........................................................................................................1
1.2. Dasar Penulisan
Laporan.........................................................................................2
1.3. Maksud dan Tujuan.................................................................................................3
BAB II GAMBARAN UMUM DEPARTEMEN
2.1
Sejarah
Perusahaan.............................................................................................4
2.2
Lokasi Perusahaan..............................................................................................4
2.3
Waktu dan tempat
pelaksanaan..........................................................................4
2.4
Struktur Organisasi Departement……...............................................................5
BAB III LAPORAN KEGIATAN
3.1
Deskripsi Kegiatan
Prakerin................................................................................6
3.2
Kegiatan Yang Dilaksanakan..............................................................................6
3.3
Hasil
Kegiatan.....................................................................................................6
3.4
Memperbaiki
Periferal.........................................................................................7
BAB IV PENUTUP
4.1
Kesimpulan.........................................................................................................8
4.2
Saran...................................................................................................................9
4.3
Penutup..............................................................................................................10
4.4 Visi-Misi
Perusahaan.........................................................................................11
LAMPIRAN.......................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Sejalan dengan kebijakan
Departemen Pendidikan Nasional yang menetapkan konsep “Link and Match” melalui Pendidikan Sistem Ganda bahwa salah satu
pembelajaran atau kegiatan belajar siswa harus dilaksanakan di Dunia Usaha dan
Dunia Idustri untuk Sekolah Menengah Kejuruan pada umumnya, salah satunya
termasuk SMK Negari 1 Kalinyamatan, Kota Jepara melaksanakan Praktek Industri
(PI).
Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
merupakan “Program perpaduan saling mengisi dan melengkapi antara pendidikan di
“Sekolah” dan “Keahlian profesi” yang di peroleh melalui “pengalaman kerja” di
Dunia Usaha dan Dunia Industri.
Tujuan Program bersama antara
Sekolah Menengah Kejuruan, khususnya SMK Negari 1 Kalinyamatan dengan Dunia
Usaha dan Dunia Industri adalah untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi
siswa serta melatih diri agar berkreatif kerja yang, meliputi kemampuan kerja, memiliki
motivasi kerja, berinisiatif, kreativitas, berdedikasi tinggi dan prestasi
hasil kerja yang berkualitas.
Melalui PI ini, penulis dapat
memperoleh pengalaman kerja di dunia industri sesuai dengan kompetensi keahlian
yang lebih diarahkan pada “soft and life
skill”.Selain itu, siswa dapat pula meningkatkan kompetensi dalam hal
penampilan diri / kepribadian, semangat motivasi dan motivasi kerja, serta
kemapuan professional.
1
1.2 DASAR PENULISAN
Ada beberapa ketentuan yang tertuang dalam UU
No. 2 Tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional, PP No. 29 Tahun 1990
tentang Pendidikan Menengah Kejuruan, PP No. 39 Tahun 1992 Serta Masyarakat
dalam Pendidikan Nasional.
Adapun isi dari UU tersebut,
antara lain:
1. Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui dua
jalur. Jalur Pendidikan Sekolah dan jalur Pendidian di luar Sekolah ( UU
SPN,Bab IV, pasal 10 ayat 1 ).
2. Penyelenggaran sekolah menegah dapat bekerja sama
dengan masyaraat terutama dunia usaha dan para dermawan, untuk memperoleh
sumber daya dalam rangka menunjang kesejahteraan.Penyelenggaraan dan
mengembangkan pendidikan. ( PP 29, Bab XI, Pasal 29 ayat 1 ).
3. Pengaduan dan pendayagunaan Sumber Daya Pendidikan
yang dilakukan (Bab VII,Pasal 33).
4. Masyarakat sebagai mitra pemerintah berkesempatan
yang seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan Pendidikan
Nasional ( UU SPN,Bab XIII,Pasal 47 ayat 1 ).
5. Peran serta masyarakat dapat berbentuk pemberian
kesempatan untuk dan atau pelatihan kerja ( PP No.39,Bab III,Pasal 4 butir 1 ).
6. Pemerintah dan masyarakat menciptakan peluang yang
lebih besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam Sistem Pendidikan
Nasional ( PP No.39,Bab VI , Pasal 8 ayat 2 ).
7. Pada Sekolah Menengah Kejuruan dapat dilakukan
ujicoba gagasan baru yang diperlukan dalam rangka pembangunan pendidikan
menengah kejuruan ( PP No.29,Bab XIII, Pasal 32 ayat 2).
8. Peran serta masyarakat dapat mengalihkan forum
konsultasi Kerja Sama dan Koordinasi. ( PP No.39,Bab VI, Pasal 10).
2
1.3 MAKSUD DAN TUJUAN
Berdasarkan jumlah kegiatan PI dan
pengumpulan data-data yang dilakukan oleh penulis, maka maksud dan tujuan
penulisan laporan praktek industri adalah:
1. Untuk memenuhi salah satu syarat menempuh Ujian Nasional Pada tahun diklat
2013-2014.
2. Memperkenalkan kepada penulis mengenai lingkungan
dunia kerja yang sebenarnya dan bersikap mandiri dalam menghadapi
persoalan-persoalan dunia kerja.
3. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat di
sekolah ke dalam dunia industri yang sebenarnya dan melengkapi kompetensi
produktif yang penulis miliki dari hasil pembelajaran klasikal serta menambah
pengatahuan penulis mengenai pengelolaan administrasi penjualan kredit.
4. Melatih penulis untuk mampu membangun relationship
di dunia usaha atau industry.
5. Melatih penulis untuk mampu menyusun hasil
pelaksanaan PI dalam bentuk laporan yang memiliki nilai ilmiah.
3
BAB II
GAMBARAN UMUM CV. BUBBLE DIGITAL PRINTING
2.1 Sejarah Perusahaan
CV. BUBBLE DIGITAL PRINTING adalah percetakan banner dan
stiker di jalan.Gattot Subroto no.3 Kudus. Yang terletak tepat di belakang KFC
Ramayana Kudus. BUBBLE DIGITAL PRINTING berdiri 6 tahun yang lalu sekitar 2008,
pendiri pertama adalah FRAN INDRIANTO yang telah berjalan selama kurang lebih 3
tahun lalu, terjadi perpecahan antara pemilik gedung BUBBLE dengan Fran
Indrianto. Setelah Fran Indrianto keluar dari BUBBLE, perusahaan ini diterusksn
oleh LISA MEYLINDA. Karyawan banyak keluar dan pindah ke DEPOT DIGITAL PRINTING
yang didirikan oleh oleh FRAN INDRIANTO. Tapi BUBBLE DIGITAL PRINTING tidak
patah semangat untuk melanjutkan perusahaan itu dan banyak juga karyawan baru.
2.2 Lokasi Perusahaan
Jalan Gattot Subroto no.3, belakang KFC Ramayana Kudus.
2.3 Waktu dan Tempat Perusahaan
08.30 S/D 17.00 WIB di BUBBLE DIGITAL PRINTING
4
2.4 Struktur Organisasi
Struktur organisasi merupakan kerangka atau gambar
organisasi yang menunjukkan pekerjaan yang harus dikerjakan oleh tiap bagian
atau anggota dari tiap organisasi yang bersangkutan dan yang menggambarkan
kepada siapa mereka bertanggung jawab. Oleh karena itu struktur organisasi
haruslah sedehana dan secara ekonomis menguntungkan.
Suatu dasar yang berguna dalam menyusun suatu struktur
organisasi perusahaan adalah pertimbangan bahwa organisasi itu harus fleksibel
dalam arti memungkinkan adanya penyesuaian-penyesuaian tanpa harus melakukan
perubahan total. Selain itu struktur organisasi yang di susun harus dapat
menunjukkan garis-garis wewenang dan tanggung jawab yang jelas dari
masing-masing fungsi.
BUBBLE DIGITAL PRINTING memiliki struktur organisasi yang
berbentuk “Organisasi Lini”. Bentuk organisasi ini memperlihatkan adanya
hubungan wewenang secara vertical antara atasan dengan bawahan.
5
BAB III
LAPORAN KEGIATAN
3.1 Deskripsi Kesimpulan
Praktek
Banyak kegiatan yang
dilakukan selama PRAKERIN salah satu di antara yang saya lakukan selama
PRAKERIN yaitu:
1.
DIGITAL PRINTING.Mesin
ini digunakan untuk mencetak banner dan sticker
2.
PRESS
KAOS.Mengepres gambar pada kaos.
3.
FINISHING.
Melipat banner dan memotong stiker, blending, nering,masking.
4.
JILID SPIRAL.
Menjilid kertas menjadi satu dengan
menggunakan kawat.
5.
DESAIN GRAFIS.
Mendesain dalam Corel maupun Photoshop yang nantinya akan di cetak.
6.
LAMINASI. Mesin
yang digunakan melaminasi/melindungi kertas,sticker dll
7. BRANDING. Menempelkan sticker ke media
tertentu
3.2
Hasil Kegiatan
Selama saya melaksanakan (PRAKERIN) di CV
BUBBLE DIGITAL PRINTING tepatnya di bagian cetak dan finishing. Banyak
pelajaran berharga yang mungkin tidak saya dapatkan selama saya berada di
sekolah. Disana saya belajar banyak tentang dunia kerja. Salah satunya tingkat
Disiplin yang benar-benar harus dipatuhi atau ditaati selama saya berada di
Perusahaan atau Departement.
Selama saya belajar di dalam dunia bisnis
atau perusahaan tidak sedikit hal yang saya pelajari diantaranya bisa membuat
Cetak digital,Finising,Desain grafis,Pin, membuat Mugh, Sablon Digital,
Laminasi dan Jilid Spiral. Dimana ada beberapa yang telah saya pelajari
sebelumnya sewaktu saya di kelas X (sepuluh). Namun sekecil apapun ilmu yang
kita pelajari itu semuanya akan berguna untuk kita sampai kapanpun. Itulah yang
saya dapatkan selama saya melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di CV
BUBBLE DIGITAL PRINTING tepatnya di Departement EDP.
Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan
melalui laporan kegiatan PRAKERIN selama saya berada di Perusahaan atau
Departement selama kurang lebihnya 3 (tiga) bulan menjalani kegiatan Industri
yang mungkin saya baru alami pertama kali. Banyak kenangan yang mungkin
berkesan buat saya khususnya saat melakukan PRAKERIN di CV BUBBLE DIGITAL
PRINTING tepatnya di Departement EDP. Dimana orang-orang khususnya atasan saya
mau membimbing dengan penuh rasa sabar seperti mereka membimbing anak-anaknya
sendiri.
6
Cara membuat Pin dan Mugh
Langkah kerja :
Cara membuat Pin :
1.
Desain PIN terlebih dahulu
(berbentuk lingkaran)
2.
Print (cetak) desain dengan printer
3.
Potong kertas yang sudah dicetak
gambar (berbentuk lingkaran) menggunakan gunting atau circle cutter
4.
Lapisi dengan sticker laminasi
yang juga telah dipotong berbentuk lingkaran
5.
Taruh bahan baku utama PIN
(kaleng, plastik, peniti) ke alat press PIN
6.
Taruh kertas bergambar yang telah
dilapisi laminasi ke alat press PIN
7.
Press PIN dengan alat press PIN
8.
Selesai…dan PIN siap dipakai…
Cara membuat Mug :
1.
Siapkan mug dan desain foto,
kemudian foto ditempel menghadap mug dengan rapi dan tepat.
2.
Tempelkan desain mug pakai isolasi
kertas supaya desain tidak bergeser dan gambar tidak miring.
3.
Buka Moulding mug lalu tarik
secara perlahan.
4. Setelah
terbuka, masukkan mug ke dalam moulding, kunci hingga rapat.
5. Atur
timer hingga 240s, kemudian tekan tombol start, setelah alarm berbunyi matikan
tekan tombol off.
6. Buka
kunci mesin press mug, angkat mug, tunggu sampai dingin, lalu lepaskan
isolasi dan kertas.
Cara cetak digital di Mesin
Infinity:
1. Buatlah desain terlebih dahulu sesuai ukuran.
2. Letakkan bahan di mesin.
3. Letakkan file dalam program aplikasi photoprint lalu
klik dan kirim ke digitalprinter.
4. Tunggu beberapa saat untuk RIPaing dan printing.
5. Jika selesai lalu masuk ke aplikasi digitalprinter.
6. Klik RIP file.
7. Lalu tentukan Margin dan klik file yang akan dicetak
8. Dan klik print.
9. Maka proses cetak dimulai.
10. Jika tinta tidak stabil, klik pause dan cek tinta
agar kembali stabil.
11. Jika sudah selesai klik stop. Dan proses cetak akan
berhenti.
Cara Cutting sticker di mesin
Mimaki:
1. Buat desain dalam corel draw( format line/curve).
2. Lalu import ke aplikasi cutting.
3. Sebelumnya atur Margin /bahan pada mesin cutting
untuk ukuran yang akan di cutting.
4. Lalu tekan tombol cutting.
5. Dan mesin Mimaki akan mengcutting bahan tersebut
sesuai pola yang dibuat.
7
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Sebagai kesimpulan laporan akhir
berikut ini adalah :
Selama melakukan Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) penulis menemukan jati diri selama berada dan berinteraksi
dalam lingkungan masyarakat luas.
Berinteraksi atau mengeluti
dunia usaha tidak sangat mudah, ada banyak hal yang perlu dilakukan, agar
orang-orang yang melakukan hubungan kerja sama dapat terkesan akan apa yang
kita lakukan atau kerjakan pada saat itu.
8
4.2 Saran
Berikut
adalah beberapa saran penulis untuk perusahaan/sekolah maupun untuk tiap-tiap
jurusan yaitu:
Perusahaan
:
·
Tingkatkan motivasi kerja,
disiplin waktu, dan proses kerja lebih ditingkatkan, melakukan yang terbaik
dalam segala hal.
·
Kualitas yang baik atau bermutu
akan mendatangkan banyak pelanggan/konsumen.
Sekolah
:
·
Tingkatkan motivasi belajar,
proses belajar lebih ditingkatkan, dan disiplin waktu
·
Menjadikan siswa-siswi SMK yang
mempunyai kualitas dalam bekerja.
·
Melakukan yang terbaik dalam
segala hal.
9
4.3 PENUTUP
Keberhasilan pelaksanaan Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) sangat ditentukan oleh kualitas kerja yang sama
antara Sekolah dan Industri pasangan sebagai tim sensor / tim sertifikat
Propinsi.Dengan dibuatnya laporan Prakerin ini dapat dijadikan acuan bagi
lancarnya pelaksanaan Praktek Kerja Industri, terutama pada tahap awal kerja
berkaitan dengan paket yang ada di dunia usaha / dunia industry.
Dengan terciptanya laporan
Prakerin ini minimal diharapkan visi antara pihak Sekolah dengan dunia usaha sebagai
industry pasangan.
Penulis sebagai peserta Prakerin
berharap mudah-mudahan hubungan kerja sama ini dapat terjalin dan berlanjut
untuk masa yang akan datang, sebagai dengan hakekat Pendidikan Nasional dalam
meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia.
Berbagai bentuk masukan yang
bersifat konstruksi untuk penyempurnaan program Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN) SMK Negari 1 Kalinyamatan adalah suatu Sekolah yang menciptakan
sumberdaya manusia yang handal di pasar tenaga kerja,maka sarana dan informasi
penting yang menyangkut mempersiapkan tenaga kerja sangat di harapkan.
Apabila Siswa / Siswi SMK Negari 1
Kalinyamatan Selama melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKEIN) , mohon untuk
dapat di bombing lebih lanjut / kami harap dan informasikan ke sekolah untuk
proses lebih lanjut sebelum praktek berakhir, penulisan menyadari bahwa susunan
laporan ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangannya oleh karena
itu penulis mengharapkan saran dan kritik bisa membangun sempurnanya laporan
ini.Penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua orang pada
umunya.
10
4.4. VISI DAN MISI PERUSAHAAN
Ø
VISI :
·
Meningkatkan
kualitas kerja dan motivasi kerja
·
Meningkatkan
kualitas prduksi.
Ø
MISI :
·
Menjadi
Perusahaan yang terbaik dari perusahaan yang lain dan menjadi nomor satu di
bidang produksinya.
terimakasih
BalasHapusValibri Print Pusat Digital Printing di Kota Kudus
Valibri Print Pusat Digital Printing di Kota Kudus
BalasHapusPusat Digital Printing Kota Kudus
T-bone's T-bone's T-bone's T-bone's T-Bone's T-Bone's | Titanium Art
BalasHapusT-bone's T-Bone's T-Bone's apple watch aluminum vs titanium T-Bone's T-Bone's titanium plate flat iron T-Bone's T-Bone's T-Bone's T-Bone's T-Bone's gaggia titanium T-Bone's titanium dab tool T-Bone's T-Bone's T-Bone's T-Bone's T-Bone's T-Bone's titanium post earrings T-Bone's T-Bone's T-Bone's T-Bone's T-Bone's T-Bone's